Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Saturday, February 27, 2010

Bersahabat dengan Musim Hujan!

Hellooooooooooow!!!
Wah wah wah, dah lama banget saya enggak muncul-muncul lagi di blog, hehehehe. Pa kabar nih sodara-sodara? Semoga aja pada baik2 aja yap :D Buytheway, akhir-akhir ini Korea (khususnya Incheon) sedang menghangat, dah dari hari senin yang lalu suhu pada siang hari selalu di atas 10C dan membuat saya berkeringat kalau jalan di tengah hari menggunakan jaket. 10C tapi keringetan? Well, itulah faktanya. Saya pikir sih mungkin karena udah terbiasa dengan suhu minus 10C-an waktu musim dingin kemarin, jadinya pas kena suhu 10C-15C dah cukup membuat saya mengeluarkan keringat, dan hal itu juga terjadi pada beberapa teman saya yang lainnya. Kayanya udah saatnya meninggalkan baju-baju hangat yang pada saat winter kemarin banyak sekali membantu saya mendapatkan kehangatan, ehehehehe.

Udah waktunya musim semi buat unjuk kebolehan nih, hehehe
Dan setelah dipikir-pikir, dari semua musim yang pernah saya alamin sih kayanya musim semi yang paling indah, dan yang jelas, WANGI!! hehehehe.


Anyway, denger-denger di Jakarta lagi musim ujan ya? Ujannya gede, banyak dari kawan-kawan di sana yang mengeluh kehujanan, atau bahkan kedinginan. Wow..

Terakhir kali saya merasakan musim ujan tu Februari tahun 2009 kemarin, sebelum saya berangkat ke Korea ini. Dan tahun 2010 ini tahun pertama dalam hidup saya engga ngalamin musim hujan. Hehehehe :P

Tapi ngomong2 nih ya, saya malah jadi perhatian dengan musim hujan pas di sini. Seriusan loh. Saya jadi kepikiran, wah musim hujan yang sekarang gimana ya? Apa banjir lagi kah? Hujannya deras kah? Atau malahan panas?
Hehehehehe. Dan di sini sekarang kalau chat atau ngirim message sama mereka yg di Indonesia, katanya musim hujan sekarang dingin, dan saya yang sok bijak gitu ingetin jangan ini jangan itu, harus ini harus itu. Hehehehe. Saya malah jadi tertarik bikin postingan tentang musim ujan deh. Hihihi.


Saya bikin post ini hanya sekedar pingin have fun aja, iseng-iseng engga penting buat sok-sok care aja gitu, ehehehe. Tapi kalau malah jadi pedoman buat pembaca sekalian mah malah alhamdulillah deh, ahahahaha :D

Anyway, let's check it out guys! ^_^

::Musim Hujan::
Musim hujan adalah musim yang mutlak ada di negara tropis, termasuk Indonesia. Berdasarkan letak Indonesia yang berada di sekitar garis ekuator dan negara kepulauan, intensitas sinar matahari sangat tinggi dan mengakibatkan banyak evaporasi yang menghasilkan curah hujan yang tinggi. Di samping itu, pada bulan November hingga Februari angin muson yang bertiup dari utara bersifat basah karena membawa titik-titik air dari Laut Cina Selatan, membuat curah hujan di Indonesia pada bulan November hingga Februari menjadi tinggi. Oleh karena itu musim hujan biasanya terjadi pada bulan November hingga Februari. Selain itu, fenomena alam seperti La Nina juga bisa menyebabkan udara di daerah Indonesia menjadi basah dan sangat mungkin menimbulkan banjir.
Tetapi pada kenyataannya akibat pemanasan global, sulit sekali untuk menentukan kapan musim hujan mulai dan kapan berakhirnya. Sekarang ini bulan November sepertinya bukan lagi bulan dimulainya musim hujan, karena yang terjadi hingga bulan Januari adalah panas terik di daerah Jakarta dan sekitarnya, katanya sih naujubilah banget panasnya.
Waduh, gimana nih pembaca? Bukan begitu, betul? Memang musim hujan itu masih tetap ada, curah hujan masih tetap tinggi, membuat suhu turun dan banjir!

Hal-hal unik yang saya sukai yang ditemukan pada saat musim hujan:
1. Kalau hujan turun, kadang2 ada kaya bau genteng gitu, dulu waktu saya kecil saya sering banget nyium bau kaya gitu pas hujan turun, and I think it smells good dn saya suka. Hehehehe. Bagi saya itu seperti nostalgia dengan masa kecil saya :D
2. Kalau hujan banyak turun, napsu makan saya meningkat and well, saya bisa gemukin badaan *hell yeah!!!! hehehehehe*
3. Kalau hujan turun, udara jadi adem, as you know, saya ga suka udara panas :D
4. Kalau hujan turun, napsu tidur saya meningkat plus jarang bikin janji di luar sehingga saya bisa banyak istirahat.

*well, semuanya dari segi subjektivitas, ahahahahaha. Tapi apakah Anda juga begitu? Ask urself :D

Hal-hal yang saya tidak sukai di musim hujan:
1. BANYAK, dan bisa diringkas dalam satu kalimat: "Udah ujyaan, bechyieek, ga ada oujhyieeek, banjyiiiir, kyaaaawww" hahahahaha :D kayanya kalimat Cinta Laura-lah yang paling mewakili keribetan di musim ujan, hwhwhwhwhwhk
2. Banjir! Yang ini mah ga ketulungan dah ah. Ga bisa kemana-mana, dan kasian banyak banget org yang menderita kehilangan tempat tinggal, kehilangan sanak saudara, dan bla bla bla lainnya akibat dari banjir!
3. Keujanan. Ada saat di mana hari terlihat begitu cerah pada pagi dan siang hari, membuat kita berpikiran "Ah, ga usah bawa payung, repot. Toh cerah gini." dan tiba2 pada sore harinya ujan deres aja gitu. CRAP! Besoknya pasti sakit kepala, dan hati2 cepet botak loh karena ujannya kan berpolusi gt ):
4. Kejebak ujan dan macet. Yah walaupun emang tiap harinya Jakarta pasti macet, tapi kayanya kalau ujan macetnya jadi dua kali lipat gt, hueheheheheh, dn pada akhirnya kejebak ujan yg berakibat pada: ga bisa pulang, ka dapet kendaraan umum, telat janjian, bla bla bla
5. Kotor! Yap, kotor. Mau udah pake payung juga, pasti sepatu basah n bikin bau. Celana juga jadi basah berlumpur and it means cucuian jadi banyak. Dan di saat itu ga bisa jemur pakaian gara2 ujan, nah lho..

*Kira-kira kaya gitulah hal yang kurang enaknya pas musim ujan, dan kali ini lebih objektif bukan? Iya engga? I believe most of u agree with my opinion (:

Hal yang mesti dijaga dan diperhatikan pada saat musim hujan:
1. Please, udah sering banget dicanangkan dn diteriakkin pake TOA, jangan buang sampah sembarangan!!!! Ga pas musim ujan aja, pas musim panas juga jangan! Kebayang ga sih lo kalau sampah yang elo buang tu salah satu penyebab ribuat orang menderita karena banjir!!! Sadar dong loe!! *jadi emosi gini gua, hah! Sebal!* hehehe
Anyway ni sepele tapi penting banget sodara-sodara. Mulailah dari diri kita sendiri, okey? (:
2. Kesehatan! Ini penting. Kalau misalnya kesehatan lagi terganggu, plus udara hujan yg kurang bersahabat, wah bisa gawat ni sodara-sodara. Yang gawat itu bisa gampang masuk angin n kena flu! Makanya selalu makan yg cukup dn juga makanan yang bersih. Ingat, makanan yang bersih. Karena pas musim ujan segala macam cairan bisa bercampur tuh, nah makanya mesti pinter2 milih makanan.
3. Payung lipat. Ini wajib ga boleh ditinggalin. Kadang2 cuaca nipu, nah di saat darurat biarkan payung imutmu beraksi. Toh payung lipat kan egga terlalu ngerepotin bukan, daripada keujanan, sakit, ga bisa kativitas, keluar duit buat ngobat *i mean beli obat* yg harusnya bsia dicegah. Ya engga? ^_^
4. Sendal jepit. Hehehe, ga terlalu recommended sih, ga nyaman kan bawa2 sendal jepit kemenongmenong gt, bau pula, wkwkwkwkwk. Tapi kalau masih bisa nyisihin ruang di tas, atau ditaruh di motor gt, kan lumayan. Daripada sayang sepatu bagus2 tapi basah jd bau, jyaaah, kacau nanti. Dn inget, kalau dibawa2 please dimasukin itu sendal jepit ke plastik item biar ga nurunuin image kita :D
5. Siap sedia obat flu di rumah, takut2 kalau keujanan n flu, bisa gawat.
6. Jas hujan, penting terutama buat yang naik motor.
7. Tas kedap air, krn kalau pakai tas yg ga kedap air, bisa brabe nanti isi di dalemnya. Apalagi kalau ada barang elektronik, beuuuh, mati kesetrum nyaho lu, hwahahahaha :D
8. Baju ganti, bahaya kalau tiba2 pas mau ngedate gt tapi basah kuyup. hehe.
9. Katong plastik. Kalau misalnya ada sesuatu yang basah yang mau disimpen nih, kan bisa masukin ke kantong plastik. Misalnya payung.
Abis ujan2an di luar, trus pas masuk ruangan kan payungnya netes2 tu airnya, bikin becek dn kotor, ngerepotin pula. Nah buat siasatinnya, masukin aja itu payung ke kantong plastik. Ga repot kan? Nah yang jadi masalah, kalau ga siap kantong plastiknya, dn di sekitaran ga ada kantong plastik, mau gimana coba? Minta ke abang2 gorengan? Lah kalau abangnya ngambek bisa disiram minyak panas nyaho entar ente, hwahahahaha *ga segitunya juga sih, kkkk. FYI, kalau di Korea, biasanya kalau pas hujan di pintu masuk gedung2 selalu di sedian kantong plastik khusus buat bungkus payung. Lha kalau di Indonesia? That's why kantong kresek itu penting, kawan!
10. Jangan banyak baju kotor! Kalau kebetulan ga punya pengering baju, itu baju bisa bau kalau lembap. Sebisa mungkin hematlah baju. Tapi engga berarti juga sepotong baju dipake buat seminggu ya. Hehehehe.
11. Mie instan, ajip banget kalau dimakan pas dingin2, ditemani oleh secangkir teh anget or bandrek juga bisa. highly recommended for kost children (anak kost maksudnya, hahaha).
12. Kapal, kalo kebanjiran bisa langsung dipake n bisa nyelamatin orang, udah selamet dapet pahala lagi kan, hwahahahahaha *duakkkkkk!!!!*

Yah kira-kira segitu dulu aja kali ya tentang pandangan dan saran-saran saya untuk Anda-anda sekalian yang sedang berkutat dengan musim ujan *dan saya tau kalau Anda2 juga udah pada tau what to do di musim ujan, hwkkkkk :P
Akhir kata saya ucapkan, sekian "terima kasih" karena Anda sudah meluangkan waktu berharga Anda buat baca post (yang hampir gak guna) ini *ahahahahahaha* :DDD

Saya mau kembali ke aktivitas semula saya, yaitu belajar MAKAN!! hehehehe
Saya laper sodara2, dan seperti yang tadi saya bilang, semangkuk mie instan akan sangat nikmat jika ditemani dengan secangkir es teh manis anget (LOL :D)
Hehehehehe. Jangan salah, di sini masih tetep ada Indomie dooong, hahahahaha
Okelah kalau begitu, mohon pamit, ikan hiu ikan pari, yuk mariiiiii ^_~

image1 : http://www.koreainsider.com/wp-content/uploads/2009/11/korea-winter-jacket-girl.jpg
gambar1 : http://3.bp.blogspot.com/_q5rQ8pg-slQ/SJZMHyc7qfI/AAAAAAAAACQ/_xKcs7Gqxwo/s320/page38.gif
gambar2 : http://news.okezone.com/images-data/photo/2009/11/12/1/4011/image0.jpg
gambar3 : http://alvanalvian.files.wordpress.com/2009/02/imdomie-rebus-telur.jpg
gambar4 : http://ardypurnawansani.files.wordpress.com/2009/11/jakarta-banjir.jpg
gambar5 : http://konayukiblue.files.wordpress.com/2009/07/tong-sampah.jpg 
gambar6 : http://www.pabrikbaju.com/safety/images/safety3.jpg
gambar7 : http://yoeskeuranji.files.wordpress.com/2008/03/ms-freedom-of-the-seas.jpg

1 comment: