Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Thursday, March 4, 2010

New World!

Senin, 1 Maret 2010, saya memulai kehidupan baru saya di Korea. Saya mengakhiri status saya sebagai penduduk kota Incheon, Korea Selatan, karena pada tanggal 1 Maret saya resmi tinggal di asrama Seoul National University, Seoul. Wah rasanya beda banget dibandingkan waktu saya tinggal di Incheon. Hihihi.
Sebagai perbandingan aja ya, waktu di Incheon saya tinggal di 원룸 (baca: wonrum=One room, mirip dengan kamar apartemen tapi tanpa sekat, biasanya semua perabotan -- meja, kulkas, bedroom, dapur dn tempat cuci piring, d lemari -- berada dalam satu ruangan to', hanya kamar mandi yang dipisah.red) dan dengan roommate orang Indonesia yg notabene umurnya lebih dewasa ketimbang saya.

Nah, sejak tanggal 1 Maret itu saya pindah ke asrama. Jelas dong ya asrama sama kamar pribadi (wonrum) tadi beda banget. Di asrama, dlm kasus saya asrama Gwanaksa SNU, tempat tinggal buat anak S-1 terbagi dalam 6 gedung berlantai 4 (gd.921 s.d. 926), dan saya kebagian di gedung nomor 922 lantai 4.


Waktu awal dateng dn liat gedungnya, hmm, gitu deh. Hehe. Gedungnya kaya bangunan tua, dgn tembok luarnya yang lebih menonjolkan batu bata berwarna coklat gelap, agak kotor, dan pas banget-banget di belakang gedung asrama 922 itu ada bukit, yang sayangnya karena musim dingin pohon2 yang ga ada daunnya dn rumput2 mirip jerami berantakan gitu jadi backgroundnya. Kesan pertama saya: suram. Hehehe.

Karena waktunya pindahan, jadi orang2 banyak banget, terutama yang di tempat check-in. Belum lagi yang hilir mudik pindahin ini itu lah. Hehehe. Dengan kata lain: rame. Hihihi.
Setelah masuk, dengan dibantu oleh 4 orang kawan saya naikin barang2 ke kamar (of course naikin donk, kan ke lantai 4, udah paling pojok, tanpa lift pula! Teman2 saya memang hebat ^^P). Sampai di depan kamar, dipencetlah itu kode buat unlock pintunya (di sini di setiap pintu kamar ada kunci yang pk passnumber gt, tinggal pencet aja, ga usah pake kunci atau kartu jadi ga usah khawatir ketinggalan atau kehilangan kunci/kartu. Yg jadi masalah tu kalau tiba2 kehilangan ingatan akan passnumbernya, hwhwhwhwhwk :DDD).
Pintu kamar pun terbuka, dan JEJEEEENGGGGG,,, terlihatlah pemandangan gadis cantik kamar 2.5Mx4M (hehe), dengan dua ranjang yang memanjang di bagian kiri dan kanan saya ke arah jendela yang berhadapan dengan pintu. Saya pun masuk. 

Saya berjalan ke arah jendela di ujung sana, lantainya berdebu banget! Di kiri dan kanan saya ada lemari baju yang saling berhadapan, kasur berkaki tinggi *kolongnya lega banget!*, meja belajar, lemari buku, dan pada akhirnya saya sampai di jendela lalu mengintip ke luar. Tidak ada yang menarik, hanya terlihat gedung lain yang berada di depan kamar saya. Bagian kiri kamar udah ada yang nempatin, ternyata roommate saya udah dateng. Hehehe.
Saya perhatiin barang2nya: alat2 tulis dn berkas2 dalam and sebuah laptop menguasai meja belajar, di atas kasur ada selimut yang engga dilipet rapi, di bawahnya bergeletakan tas kertas bertuliskan Giordano, dan juga tas selempang, keranjang buat cucian n baju kotor n buat alat2 mandi. Trus di gantungan baju ada sebiji coat n beberapa helai jaket. Di depan lemari bajunya ada koper kecil warna emas dan di sampingnya ada sport shoes. Berantakan, cuy. Hehehe. Saya pikir sih maklum aja soalnya kan baru pindahan, but my friends said orang Korea emang berantakan *kk, no offense buat Anda sekalian wahai orang Korea, itu hanya pendapat doang kok (:

Selesai mandang2in barang2 si roommate, saya ngeliat bagian sebrangnya: bagian saya. Meja belajar berdebu, kasur berdebu, temboknya kotor dan CRAP!!! Saya curiga itu tembok dinodai bekas2 upil yang ditempel brutally ke sang tembok itu!!!! Jyahahahahah! Pas saya liat dari deket, kayanya argumen saya bener.......

Oh @#$%ing @#$%@#$%!!! It's so FCUK man!!! *Lho, itu mah merk baju ya??hehehehe*

AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAARRRRRGGGGGGGGGGHHHH!!!!! Gelay bangay dah!!! Jadi ada noda kuning2 n beberapa helai bulu nempel di kuning2 itu *PASTI BULU INDUNG!!
Yaicksssssssssss!!!!
Gua jejeritan dalem hati, hahahahahahahahahaha
Pingin saya cicipin rasanya, tu beneran upil atau kaga, untung kaga jadi, salah2 muncul di koran kampus dgn headline gde2: MAHASISWA INDONESIA TERKAPAR KARENA KERACUNAN UPIL BASI!!!!

Oh no way banget, hahahahahahahahaha :DDDDDDDD
Well, terpatri dalam benak saya, selesai nempat2in barang, saya mesti cuci temboknya, CUCI, sodara2!!!!!
hueeeeeeeeeeeeeeekhhhhh, nasiiip nasip ):

Hahah, buytheway setelah saya sama temen2 sholat di kamar itu, kami pergi naik bus hijau nomor 02 (마을 버스 02번) buat makan ke stasiun subway yg paling deket sama asrama, namanya Nakseongdae Station-Subway line 2 (지하철2호선 낙성대역). Jadi di depan stasiun subway itu ada rumah makan yg katanya OK, dan makanlah kami di sana.
Selesai itu mereka bertiga pada pulang ke rumah masing2, so saya balik ke asrama, sendiri.
Rasanya kaya ada yang ketinggalan gimanaaaaa gitu.
Saya bukan anak Incheon lagi, setelah hampir setahun sekarang tinggal sejarah. Sedih ):
Keingetan temen2 yang sekarang juga dah mencar2.

Dlu tinggal tetanggaan, berbagi makanan, ngerjain tugas bareng, kadang jalan2 ke Seoul bareng dgn janjian di bus, kalau bosen pergi karaokean atau makan bareng di Humun (인하대 후문=Inha Univ rear gate).
Kalau kesepian tinggal kontak "eh ke sini dunk main" or "eh gue ke sana ya".
Kalau kemaleman tidur bareng di kamar sampai desek2an benyek peyek kaya sarden. Trus kalau bikin rendang atau gulai pada dateng ke rumah, makan rame2. Main gitar n bikin video, kamar berwireless yang kalau rame berubah fungsi jadi warnet, autis jamaah gara2 pada sibuk sendiri di depan laptop, aaaaaaaah, banyaaak banget deh.
I think i will miss them and those memoirs):
Mungkin karena sama2 senasib kali ya, sama2 jadi mahasiswa asing yg pasti kangen sama kampung halaman dn kebersamaan ini seolah jadi obat buat ngebius kangen yang berlebihan.
Hiks2.

Anyway, balik lagi ke kisah saya pindahan asrama, hehehe.
*Ngolor ngidul bermellow2 ria deh, hehehehe*
Walopun pada misah gini mah, toh juga masih pada di Korea, weekend masih bisa ngumpulin mereka n ketemuan, ehehehehe.
Pas turun dari bus, wah, saya yakin ini sebuah tantangan baru buat saya: belajar mandiri.

As u know, di Incheon kan tinggal sama Bang Naz, kalau ada apa2 bisa minta tolong gitu. Nah di sini *walaupun masih bisa minta tolong ya* saya jadi terpacu buat mandiri mengerjakan sesuatu yang saya mampu kerjakan, tanpa harus lagi diinget2in dsb.
Ni namanya melatih tanggung jawab. Then saya juga dituntut buat lebih bersosialisasi kan? Hehehe.
banyak temen ya makin bagus, bisa membunuh sepi^^
Dan ini juga bisa saya jadiin titik baru buat memulai sesuatu yang lebih baik dan mengembangkan atau mengoreksi sesuatu yang kurang di kehidupan sebelumnya.
Hmm, a lot of things to do but di situ tantangannya :D
Menghadapi tantangan kaya gini seengganya saya juga terpecut buat semangat ngejalaninnya.
Kali ini saya merasa lebih fresh, dn berusaha buat bisa menatap lebih jauh ke depan. Optimisme mulai ngalir dalam darah saya.
I will try my best! Harus semangat dn berpikir positif, karena itulah vitamin saya di saat saya goyah. Dan saya percaya kalau Allah akan memberikan yang terbaik untuk umat-Nya selama umat-Nya berusaha. Kesimpulannya saya harus usaha buat dapetin yang terbaik ^^
Saya pun melangkahkan kaki ke asrama dengan semangat baru, semangat yang sepertinya saya cari selama di sini^^

Dari itu semua, saya jadi kepikiran teman2 saya waktu di kuliah di Program Studi Korea Univ Indonesia, di mana saya punya teman2 yang datang dari daerah jauh di luar Jakarta, katakanlah ada yang dari Padang, Bali, atau Bangka. Mereka datang jauh2 dari daerah yang berbeda, jauh dari orangtua dn keluarga, tinggal di kosan atau di asrama.
Mungkin, rasa seperti ini kah yang mereka rasakan?
Mereka harus berjuang buat ngalahin homesick. Wow. Dulu waktu tinggal di Jakarta, saya engga ngerasain sama sekali apa yang mereka rasakan.
Well, rumah saya bisa ditempuh perjalanan KRL 30menit, tinggal bareng keluarga, punya sahabat dari zaman SMA dan udah punya temen2 yang sebelumnya dah kenal dekat. 
Tapi mereka?
Jauh dari orangtua, engga sahabatnya jauh di kampung halaman, kangen masakan rumah, kangen dipeluk sama orangtua, apa2 mesti sendiri.
Dan sekarang saya merasakan hal yang mungkin kurang lebih sama.
Hihihihihi^^

Tapi yang jelas, dengan merasakan feeling yang seperti ini, dengan mengalami kehidupan yg seperti ini, saya mempelajari banyak hal2 yang baru, terutama buat self-improvement.
Kemandirian, ketegasan, rasionalitas pikiran, rasa percaya diri, dsb2 bisa didapat dari sini.
Walau pada kenyataannya prakteknya rada susah *saya sendiri juga masih banyak yg harus diimprove, hihihii^^P* tapi kalau berusaha sih insya Allah bisa tuh. Dn inget, jangan lupa diiringi sama ibadah ya!!^^
Buytheway, saya nulis ini semua sih cuma buat share aja.
Sekali2 saya nulis yang rada seriusan dikit lah, hehehehe
Tapi dari hati yg paling daleeeeeem nich yach, saya berharap semoga tulisan ni juga ada manfaatnya buat pembaca sekalian^^
Kalau ditanya soal intinya, atau kesimpulan atau bla bla bla apalah dari tulisan ini, semuanya tergantung bagaimana Anda menafsirkannya.
Mau bilang tulisannya keren lah, menarik lah, atau saya yg keren lah *peace :DD*, atau malahan ada yg bilang lebay *kalau bisa jangan atuh, saya dah cape2 nulis panjang2 nih :DDDD* it all depends on u guys^^

Yang penting satu hal saya kepingin sampaikan setelah cerita berbelit belit:

Jika yang Anda lakukan itu baik, lakukanlah dengan semangat dan penuh optimisme, percaya pada diri Anda kalau Anda bisa!

Dan jangan takut dengan perubahan!

Kata2 pepatah kaya gini dah banyak berngiang2 di kolong langit dunia.
Nah, kata2 bukan sekedar kata2 aja kan, pasti ada makna di baliknya.
Kita sama2 berjuang menuju kebaikan, okey??!!!

Semangat!!! P^_^

2 comments:

  1. Hoi brother...
    pa kabar??

    Wah2..lg ujian mid term y??
    Sukses da..
    Eh,,liat blog gw dun di referstolaw.blogspot.com
    disitu lo bisa sdikit bljr hukum..hehehe
    tp mngkin isiny agak basi krn terlalu FORMAL..hehehe
    (eh,lo berbakat jd pengganti raditya dhika)

    Nb: gw skrg tinggal di asrama da..

    ReplyDelete
  2. good luck brother^^
    huaa jadi ga pengen balik, tinggal 4 bulan lagi ini cuy; mudah2an bisa balik S2 (aha, jangan dah, kalau bisa lebih dari korea)..

    ReplyDelete