Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Sunday, November 27, 2011

Seoul Travel: Dos and Don'ts

Sesuai sama judulnya, apa yang harus dilakukan dan apa yang jangan dilakukan kalau Anda ingin (dan sedang) travel ke Korea. Saya rasa di internet udah banyak info2 tentang hal ini, tapi sekedar buat menegaskan lagi, saya coba juga ikut2an tulis di sini tentang hal tersebut. Oh iya, jangan lupa juga ya kalau ada hal yang ingin Anda tambahkan, silakan tinggalkan komen di bawah post ini, nanti saya akan upload juga (beserta nama Anda juga tentunya, hehehe). Buat Anda yang sudah sering bepergian ke luar negeri, sepertinya hal ini sudah menjadi hafalan di luar kepala, tapi buat Anda yang baru pertama kali ke luar negeri (in this case, ke Korea!), mungkin list di bawah ini bisa membantu walaupun sedikit. Anyway, here we go, what to do and what not to do when you're visiting (or before you visit) South Korea.

Before departure:
  • Paling utama adalah visa. Kalau engga ada visa piye carane bisa masup? kkk.
South Korea Visa

  • Cari info sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata yang ada di Seoul (dan sekitarnya). Info bisa dicari di internet (web yang paling kumplit: http://english.visitkorea.or.kr/enu/index.kto), cari info melalui buku, atau tanya teman yang ada di atau yang berpengalaman dengan Korea. Cari info via video2 di Youtube pun juga bisa membantu lho.
  • Cari tahu sedang musim apa ketika Anda berkunjung nanti, Korea (in a more specific case, Seoul) punya empat musim: spring (Maret~Mei, udara dingin-dingin hangat [10C~20C], good scenery featuring cherry blossom in April), summer (Mei~September, udara panas dan lembab [29C~33C], sering hujan, terkenal dengan summer sale-nya), autumn (Oktober~November, suhu labil [10C~20C], kadang panas kadang dingin dan berangin, daun-daun yang berubah warna memberikan view tersendiri), dan winter (November~Februari, duingin sangat [-10C~3C], good time for skiing). Jangan sampai salah musim dan salah kostum. Akibatnya fatal. Update terus trend cuacanya sebelum datang.
    • Make an itinerary. Sediakan Plan A, Plan B, dan Plan C juga kalau perlu. Kita engga tau apa yang bakal terjadi nanti dalam perjalanan. Entah itu flight delay, perubahan cuaca tiba-tiba, dsb dsb. Punya banyak alternatif rencana berarti punya jaring yang cukup tebal kalau sewaktu-waktu terjadi hal yang di luar rencana.
    • Dalam membuat itinerary, jangan lupa sertakan "how to go", "how long does it take", "which way I should go through", "which subway line should I take and where should I get off", "which exit gate should I take in a subway station to go to xxxx", "how much will I pay for the transport/food/entrance etc", dan sebagainya. Ini penting dalam merencanakan anggaran biaya, waktu, dan tenaga, not to mention ampuh total buat mencegah nyasar. Jangan lupa juga cari tahu kapan matahari (terbit dan) terbenam, supaya engga kemalaman ketika mengunjungi objek wisata yang ingin disambangi pada siang hari.
    • Kalau sempat juga, coba manfaatkan Google Map untuk melihat daerah2 sekitar tujuan Anda. Lumayan, bisa kasih gambaran ke arah mana harus jalan dari patokan2 yang mudah ditemui (mis: subway station, landmark, dsb).
    • Tentukan di mana Anda akan menginap. Makin strategis daerahnya, makin bisa ditekan pengeluaran uang, waktu, dan tenaga. Dan jangan lupa, BUAT RESERVASI tempat stay SEBELUM DATANG ke Seoul. Di Seoul, terutama untuk hari Kamis sampai Minggu, lumayan sulit mencari penginapan/motel/guesthouse/hostel yang available (kecuali kalau hotel. Always available, hehe). Jangan sampai Anda luntang-luntung sampai subuh karena tidak dapat tempat bermalam.
    • Sesuaikan kembali itinerary Anda dengan tempat Anda bermalam. Cari tahu accessibility penginapan Anda (e.g. transportasi untuk mencapai penginapan dari/ke bandara, tempat wisata, dsb).
    • Cari tahu tentang makanan Korea. Nasi selalu tersedia di setiap restoran, dan biasanya di setiap menu selalu ditemani dengan semangkuk nasi. Restoran seperti Kimbab Cheon Guk (김밥 천국) bisa ditemui di banyak daerah di Seoul, dan mereka menyediakan menu makanan yang sangat bervariasi dengan harga standard (sekitar 4,000 sampai 5,000 won). Buat yang Muslim, makanan seperti bibimbap (비빔밥), kimbab tuna (참치 김밥/chamchi kimbap), sundubucigae (순두부찌개), ikan bakar (생선구이/saengseon gui), gulai mackerel pedas (고등어조림/godeungo jorim), sup odeng (오뎅/odeng), nasi goreng seafood (해물볶음밥/haemul bokeumbap), dan nasi goreng sayur (야채볶음밥/yache bokeumbap) bisa jadi alternatif makanan tanpa daging :) 
    • Beres semua aspek diperhitungkan, sekarang saatnya hitung-hitung budget. Jangan sampai kejadian nanti kekurangan uang ketika di sini. Mending bawa uang lebih untuk jaga-jaga ketimbang nanti kekurangan uang di sini. Bawa credit card mungkin juga bisa membantu di saat darurat (jangan sampai lupa PIN credit card Anda).
    • Jangan bawa Rupiah Anda ke Korea. Bring US$ and/or Korean Won. Cari penukaran Rupiah di tengah kota susahnya minta ampun, dan kalaupun tukar di bandara ratenya juga gak bagus.
    • Persiapkan bahasa Inggris Anda. In case Anda belum mahir berbahasa Inggris (dan tidak bisa bahasa Korea), setidaknya Anda harus menguasai bahasa Inggris dasar, seperti misalnya "I want to go to ... ", "Where is ...?", "How much is ...?", "It's too expensive!", "I have made a reservation for ... " dan sebagainya. Please note, orang Korea yang bisa bahasa Inggris tidak banyak bahkan di Seoul sekali pun. Prepare for the worst, mungkin ada kalanya Anda akan menggunakan bahasa tarzan selama di sini :D
    • Sedikit menguasai vocabulary bahasa Korea, seperti yes "ne", no "aniyo", halo "annyeonhaseyo", terima kasih "kamsahamnida", maaf "jwesonghanmnida", permisi "sillyehamnida", wait a minute "jamsimannyo" dsb sepertinya akan membantu^^
    • Jangan telan mentah-mentah semua info yang Anda dapatkan. Sebagai contoh, Anda dapat info kalau semua orang Korea itu helpful, sopan, baik hati, ramah, murah senyum, dsb dsb. Well, jangan langsung berekspektasi terlalu tinggi. Tidak semua orang seperti itu. Begitu juga sebaliknya, kalau dibilang orang Seoul itu jutek-jutek, gak ramah, grasak-grusuk, dsb, jangan langsung menjudge kalau semua seperti itu. Intinya semua tergantung orangnya, dan akan tergantung bagaimana kita bersikap dan menghadapinya :)
    • Pelajari budaya Korea, let's say tentang bagaimana memperlakukan orang yang lebih tua, atau sifat orang Korea yang suka cepat2 dan terburu2 dsb. Ini akan memudahkan kita untuk beradaptasi dengan keadaan di sana nanti. Dan kembali ke poin sebelumnya, jangan langsung menjudge semuanya akan sesuai dengan info yang Anda dapatkan :)
    • Persiapkan barang yang akan dibawa. Bawa barang yang penting, sebisa mungkin tinggalkan yang tidak penting. Makin "slim" makin bagus, selain engga ribet pas sampai sana, ketika pulang ruang kosong itu bisa diisi dengan barang2 yang dibeli di sini, misalnya oleh2 dsb :D Jangan lupa sesuakian pakaian dengan musim.
    • Hindari membawa tas yang terlalu berat. Anda akan sering berjalan dan juga naik-turun tangga selama di Seoul. Percaya deh. Kalau Anda mau bawa koper, pakailah koper yang ada rodanya, jangan tas besar (dan isinya berat) yang cuma bisa ditenteng. It will kill you for sure!
    • Pelajari peta subway di Seoul. Hampir seluruh bagian kota Seoul bisa dicapai dengan subway. Jalur subway di sini ada sembilan dengan warna yang berbeda di tiap line. Lebih baik Anda berepot-repot ria melototin peta subway ketika masih di comfort zone ketimbang repotnya di sini, di daerah yang sama sekali belum Anda ketahui. Peta subway-nya bisa didapat di mana? Google it!
    • Untuk sistem komunikasi, konsultasi terlebih dahulu dengan provider selular Anda. Tidak semua provider memiliki akses roaming internasional di sini. And be aware, ponsel di Korea tidak menggunakan SIM card sebagaimana di Indonesia, Malaysia, Hong Kong, dan juga Jepang. 99% ponsel di Korea menggunakan sistem CDMA tanpa SIM card. Cari SIM card untuk HP di phone store lokal? Just forget it.
    • Fitur BB seperti Facebook dan BBM hanya bisa dipakai ketika connected to wifi. Jangan lupa juga mendaftarkan BB Anda untuk sistem international roaming sebelum datang ke Korea.
    • Cek sekali lagi semua persiapan Anda sebelum berangkat. Jangan lupa siapkan hati dan mental Anda, karena Anda akan berada di dalam budaya yang sangat berbeda dengan budaya Anda sehari2.
    • Siapkan kebugaran fisik Anda sebelum berangkat. Ingat, Anda akan banyak jalan di sini (kecuali kalau Anda ke mana2 akan naik taksi) :P
    • Jangan bawa makanan mentah ke sini. Jangan bawa daging mentah, jangan bawa buah, jangan bawa tumbuh2an dan binatang peliharaan, dan jangan coba2 bawa narkoba! hehehe. Indomie, sereal, rendang yang sudah dimasak (egh, emang ada rendang mentah? kkk), susu bubuk, dan obat sakit kepala/diare/mual/demam, dalam jumlah yang masih wajar bisa dibawa masuk ke Korea. Kalau bawa cairan, pastikan yang isinya lebih dari 100ml harus dimasukkan ke dalam koper, jangan ditaruh di tas yang akan dibawa masuk ke kabin pesawat.
    • Jangan lupa kamera! Jaminan mutu penyesalan tiada akhir kalau engga bawa kamera ke sini (lebay mode: lupa-dimatikan).
    • Jangan lupa berdoa sebelum berangkat ^^ Have a safe flight!



      During Your Stay in Seoul:
      • Sampai di bandara, clear the immigration, ambil tas, keluar gate, welcome to Incheon International Airport! Keluar gate, Anda wajib menyambangi tourist information yang terletak di dekat arrival hall B dan C. Anda wajib punya peta selama stay di sini. Minta peta Seoul, peta subway, brosur2 wisata, dsb. Any inquiry? Tanyain aja ke petugas tourist info-nya. They speak good English and will gladly help you :)
      • Kalau Anda dijemput oleh seseorang di bandara, bikin janji yang jelas sebelum kedatangan. Misalnya, janjian ketemu di suatu tempat, dan kalau sampai jam sekian belum ketemu juga janjian ketemu di tempat alternatif yang kemungkinan bertemunya lebih besar (misal, di depan counter tourist information). In case tidak saling bertemu juga, call/text that person IMMEDIATELY THERE sebelum Anda meninggalkan bandara. Di Incheon International Airport ada tempat penyewaan telepon kok. Kalau engga mau repot, menyingkirkan segala rasa sungkan, dan punya nyali, pinjem HP orang aja. Explain your condition, dan dari sekian banyak orang di bandara, pasti ada yang ngerti kok tentang kondisi Anda :) Jangan sampai Anda menghubungi penjemput Anda ketika Anda sudah berada di tempat antah-berantah di Seoul.
      • In case Anda sampai di Incheon malam hari, be aware hanya ada sedikit bus bandara ke Seoul yang beroperasi di atas jam 22:30. Airport shuttle train menuju downtown Seoul juga beroprasi hanya sampai pukul 23:00. Set jam tangan/jam HP Anda ke waktu setempat (GMT+9, 2 jam lebih awal dari WIB, 1 jam lebih awal dari WITA, dan waktu yang sama dengan WIT). Info tentang limousine bus (airport bus) banyak tersedia di badara. Cari saja counter yang bertulisan "Limousine Bus" sebelum Anda keliar dari arrival terminal, atau tanyakan ke tourist information center. Hati2 dengan uncle-uncle (ajossi) yang menawarkan taksi. Mereka tidak akan menyesatkan Anda, tapi mereka akan "menembak" Anda dengan tarif yang aduhai tingginya. Just say no kalau memang Anda tidak ingin naik taksi.
      • Kalau Anda masih memegang Rupiah, tukar saja di bandara. Ingat, penukaran Rupiah di Seoul itu susaaaaaaaaah. Entah mau ditukar langsung ke Korean Won ataupun ke USD, pokoknya tukerin aja.
      • Kalau Anda sudah pelajari transportasi di Korea, sepertinya tidak akan susah bagi Anda. Jangan malu untuk bertanya, ingat-ingat rute Anda, dan jangan linglung!
      • Senyum ketika bertanya :)
      • Beli T-Money kalau Anda akan banyak bepergian dengan subway/bus. What's T-Money? Google it! T-Money bisa didapatkan di setiap stasiun subway dengan harga 3,000 won. Ketika naik bus atau akan naik subway, perhatikan bagaimana orang2 menggunakan kartu tersebut. T-Money bisa di-top up hingga 50,000 won, vending machine-nya bisa ditemukan dengan mudah di setiap stasiun subway.
      • Kalau mau beli tiket subway, di setiap stasiun ada vending machine-nya dan semuanya punya menu English. Kalau tahu nama stasiun tujuan, everything will be easy :D Cara pakainya? Sama seperti cara pakai T-Money (look around you! Look how people use it!) Oh iya, tiket subway ini adalah kartu berwarna oranye (bisa juga hijau). Nanti kalau sudah sampai di stasiun subway tujuan, di samping vending machine yang jual tiket biasanya ada mesin buat "deposit return". Masukin tiket Anda ke sana, and voila! You'll get 500 won from it! Hehehe. Kalau gak ada bayangan, just ask people around you, tell him/her that you'd like to get 500 won deposit from your ticket, and they'll show you the machine. And if you're lucky, they'll smile at you and help you how to do it! :D Smile first, don't forget! :D
      • Catat alamat dan nomor telepon penginapan Anda, cari patokan terdekat (yang paling mudah adalah subway station dan exit gate terdekatnya). In case Anda bingung jalan pulang, Anda bisa naik taksi dan simply bilang ke pak supirnya, "Go to *** subway station line 1/2/3/4/5 etc, please". Biasanya supir taksi di sini suka keder kalau dikasiin alamat komplit, jadi akan lebih baik kalau Anda cari patokan yang diketahui banyak orang.
      • Mintalah resepsionis penginapan Anda untuk menuliskan alamat dan patokan terdekat dari penginapan Anda in Korean alphabet (Hangeul). In case orang tidak mengerti apa yang Anda ucapkan, tapi orang Korea pasti mengerti sesuatu yang dituliskan dengan Hangeul :D
      • Kalau Anda ingin naik taksi, gunakan taksi warna oranye (free interpretation taxi). Biasanya supir taksi orange itu supirnya bisa bahasa Inggris walaupun dikit2. Tarif semua taksi sama, kecuali taksi warna hitam. However, taksi warna putih/silver jumlahnya lebih banyak ketimbang taksi orange.
      • Kalau naik eskalator dua lajur, berdirilah di lajur kanan. Lajur kiri biasanya dipakai untuk orang yang terburu2 (naik eskalatornya sambil jalan/lari). Anda bisa saja dianggap tidak sopan kalau Anda diam berdiri di lajur kiri, sedangkan di depan Anda kosong dan di belakang Anda banyak orang yang terburu-buru jadi tersendat jalannya. Koreans love pali-pali (hurry).
      • Subway itu pintunya ada di kiri dan di kanan, Anda bisa saja di satu stasiun turun melalui pintu kiri, tapi di stasiun lain harus turun dari pintu kanan. Di dalam subway akan ada peta line subway tsb dengan lebih detail. Perhatikan dengan baik! :) Pengumuman stasiun pemberhentian akan diumumkan dalam bahasa Korea dan Inggris. Dengarkan baik2.
      • Kalau Anda mau turun, tapi ada orang yang menghalangi pintu, simply say "jamsimannyo", itu artinya sama dengan permisi. However, bilang "excuse me" juga mereka tetap ngerti kok :D
      • Kalau belanja, jangan bandingkan Korea dengan Singapura, HK, dan Shenzen. Di sini sering kali lebih mahal daripada Cina daratan. Untuk elektronik, gak ada yang bisa kalahin murahnya HK dan Singapore. Harga Korea relatif mahal untuk belanja jika dibandingkan dengan Indonesia, HK, Singapore, dan Cina. Kecuali ketika summer sale :)
      • Jangan tawar harga lebih dari 20%! Ini kebiasaan orang Indonesia nih, kalau pas bargain pasti minta 50% off. Di Seoul kalau minta potongan 50%, jangan sakit hati kalau langsung diusir mentah-mentah sama pemilik toko. In Korea, buyer is NOT the king! Umumnya pedagang di Korea hanya kasih potongan sebesar 10%.
      • Kalau naksir suatu barang, tanya dulu harganya berapa. Kalau kira2 engga akan beli, lebih baik tidak usah kebanyakan lihat-lihat dan nawar2. Banyak dari pedagang yang masih beranggapan nawar+liat2+coba = beli. Dan kalau ternyata kita engga beli, they'll misuh-misuh on you :DD 
      • Mahal atau murahnya barang akan terasa ketika Anda membandingkan harga dalam won dengan kurs ketika Anda menukar Rupiah Anda. Makin murah won yang Anda dapat ketika tukar uang, makin murah rasanya harga barang dan juga biaya lainnya yang Anda keliurkan di Korea. Begitu juga sebaliknya. Pintar-pintarnya Anda saja mencari waktu yang pas ketika tukar duit :P
      • Rumah makan di Korea biasanya tidak menyediakan menu dengan huruf Latin, kecuali di restoran kelas atas. Punya catatan dengan nama makanan beserta huruf Hangeul-nya akan sangat membantu.
      • In case Anda nyasar, tanya orang di sekitar Anda di mana stasiun subway terdekat. Kalau sudah berada di stasiun subway, Anda cukup mengetahui nama stasiun tersebut dan di mana posisinya, lalu naiklah subway yang menuju stasiun yang dekat dengan tempat Anda stay. Atau bahkan Anda bisa pergi ke tempat lain yang menjadi tujuan Anda :D
      • Ada hal yang engga berkenan di hati? Just stay cool. Enjoy aja. Dalam sebuah perjalanan kadang emang ada hal yang menyebalkan. Tapi, semenyebalkan apa pun hal yang terjadi, pada akhirnya, itu selalu menjadi bagian menarik dalam sebuah perjalalan (Dikutip dari buku Life Traveler (hal. 180)  karya Windy Ariestanty).


      Anyway, segini dulu deh yang bisa saya tulis. Kalau ada yang mau ditambahkan (atau ditanyakan, atau bahkan dikritik), sila tinggalkan komentar di box bawah ini^^

        4 comments:

        1. assalamualaikum, ka..
          perkenalkan sy Tria.. ka, mf sebelumnya sy mau tny mungkin pertanyaan ini jg sering ditanyain sm bloger lain ke kaka...
          ka, kl mau mendaftarkan diri buat scholarship di SNU itu biasa.a berapa bulan sebelum ajaran br ya? sy searching blm ketemu :)
          terimakasih ka, mf sudah menganggu :)

          ReplyDelete
        2. assalamualaikum ka..
          mf ka sebelumnya kl menganggu,
          sy ingin tny tentang kuliah di Korea, jika ingin mendaftar scholarship mendaftar.a itu berapa bulan sebelum ajaran baru y ka?
          .terimakasih. :)

          ReplyDelete
        3. assalamualaikum ka..
          mf ka sebelumnya kl menganggu,
          sy ingin tny tentang kuliah di Korea, jika ingin mendaftar scholarship mendaftar.a itu berapa bulan sebelum ajaran baru y ka?
          .terimakasih. :)

          ReplyDelete
          Replies
          1. Halo, Tria! Waduh maaf ya baru balas sekarang, baru buka blog lagi. Saya sudah share alamat website yang menyediakan info tentang beasiswa di Korea, silakan liat postingan (terbaru) saya di sini ya: http://ahdacadabra.blogspot.kr/2013/09/kumpulan-info-seputar-beasiswa-ke-korea.html Semoga membantu, Tria. Good luck!

            Delete