Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Tuesday, September 20, 2011

Welcoming Autumn 2011

Seoul today
Woot wooot!! Attenzione! Di Seoul sepertinya sudah masuk musim gugur nih. Dari semalam sampai hari ini suhunya udah ngedrop, tanpa ampun dari yang siang hari kemarin itu 30C terus siang hari ini terjun bebas jadi 18C, brrrr brrrrr. Baju2 lengan panjang, sweater, dan jaket sekarang sudah beredar di mana-mana. Dan yang mantapnya lagi, hari ini pemandangan di langit keren-keren, sungguh menggiurkan buat dikenang (both in memory and memory card hehehe). Mungkin minggu depan daun-daun juga udah pada berubah warna, dari hijau menjadi merah, kuning, dan orange. Well, I'm looking forward for it, autumn is my favorite season ever soalnya :D

______________________________

Anyway weekend minggu lalu saya dan teman2 jadi hiking ke Jirisan. Mantap banget lah. Termasuk saya, kami berenam mendaki gunung lewati lembah selama tiga hari dua malam. Di dua hari pertama (ketika naik) cuacanya parah, hujan hujan hujan dan hujan.
Kabutnya juga tebal jadi ketika naik itu justru engga terlalu banyak lihat pemandangan. Course buat mendakinya juga becek, dipenuhi genangan air, bikin sepatu terendam dan di hari ketiga baunya "semerbak" bukan main, hehehehe. Untung saja pas di hari ketiga ketika turun cuacanya sudah membaik, hangat, walaupun sedikit berawan.
Ini beberapa foto2nya yang saya upload ke akun FB saya :)

Perjalanan 5 jam dari Seoul dengan kereta ekonomi menuju pintu pendakian. Sebagai info, kami engga kebagian tempat duduk di kereta ini karena semua seat-nya udah fully-booked. Rame? Jelas. Kami pergi di saat2 arus mudik Chuseok (thanksgiving day) dan karena telat booking wajar gak kebagian seat. Akhirnya kami "ngemper" di lantai, nyempil2 di dekat2 toilet, hehehe (sumpah pantat langsung berotot habis itu, hahaha).

Penjelasan tentang Taman Nasional Jirisan, plus puncak2 gunung yang kami lewati. Selama perjalanan kami naik sampai puncak, lalu turun. Lalu naik lagi, lalu turun lagi. Gitu terus berulang2. Ada kali total sampai 10 kali lewatin puncak A, puncak B, puncak C dsb. Objektif kami adalah puncak terakhirnya, Cheonwangbong (1915m), dan butuh waktu 2 malam untuk sampai sana.

Hujan dan kabut selama perjalanan. Hujannya lumayan deras ditambah angin kencang. Saya engga mau ambil risiko kamera kebasahan, akhirnya saya markir si 'Yayang' di dalam tas seharian penuh, hehehe. Foto ini diambil waktu awal pendakian, sebelum hujannya deras.

Shelter pertama setelah pendakian 10km/8 jam. Kami bermalam di sini.

Hari kedua hujan sempat berhenti sebentar. Saatnya kamera beraksi lagi :D Teman2 yang sudah pernah naik gunung di Indonesia bilang, Jirisan itu karakternya mirip sama gunung2 di Indonesia. Buat saya jelas ini sebuah keuntungan. Di Indonesia belum pernah naik gunung kan, nah kalau Jirisan mirip sama Indonesia, berarti saya sekali naik gunung dapat dua "rasa" :D Anyway engga lama setelah foto ini, hujan rintik2 kembali menyerang. Untungnya engga separah hari pertama :)

Ini foto hari terakhir ketika kami mesti manjat2 sedikit ketika sampai puncak (sebelumnya kami bermalam lagi di sebuah shelter yang berjarak 0.7km dari puncak ini). Perjalanan dari shelter terakhir ke puncak lumayan curam. Berbekal sarapan indomie kornet di pagi harinya, kami berhasil mencapai puncak pukul 8:45 pagi. Kabut tebal menemani perjalan kami hingga ke puncak. Fortunately no rain :D

Foto narsis saya di Cheonwangbong Peak (1915m) :D

Sungai yang dilewati ketika turun gunung. Ketika turun sebenarnya cuaca lumayan bagus dan saya sempat ambil beberapa foto. Kurang lebih sama lah seperti foto-di-atas-yang-di-hari-kedua-hujan-berhenti itu :) Trek pas turun itu curamnya bukan main. Stamina yang sudah terkuras dan rasa sakit di ankle dan lutut membuat saya lebih fokus sama turun gunungnya daripada sama foto2. Kami butuh waktu 5 jam 30 menit untuk menempuh turunan curam sepanjang 5.7km. Anyway, sungai ini kami temukan ketika kami sudah sampai kaki gunungnya :)

Akhirnya sampai. 34km/3hari 2 malam :D Ini gate-nya ada restoran, dan setelah 3 hari akhirnya kami makan dengan benaar :DD

Pulang dari gunung kami naik kereta lagi, kali ini dari Busan Station sampai ke Seoul Station, makan waktu 6 jam. Karena sudah kecapekan banget-banget, kami hanya tidur di kereta :D Anyway setelah turun saya malah jadi nagih naik gunung nih, hehehe. Next time naik Gwanaksan ah, gunung belakang kampus yang cuma sekian ratus meter mesti juga ditaklukkan lah :D

Sekian trip repost kilat hari ini, salam hiking! (LHO?) hehehe :D