Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Monday, March 28, 2011

Reformation of My Blog: New Visualization

Hadoh, di tengah kesibukan saya mengulik novelnya Chae Man-Sik (한글: 채만식 - seorang sastrawan kontemporer Korea) yang berjudul Public Offender (민족의 죄인, dipublikasikan tahun 1948), saya masih sempat-sempatnya me-redesign tampilan blog saya dan menulis post ini (dan membuat saya tidur 1 jam lebih larut). Cuma engga papa lah, hasrat menulis saya dengan bahasa nasional jadi timbul setelah seharian melototin bahasa nasionalnya orang lain, hehehe.

Anyway, ada perbedaan cukup signifikan pada tampilan blog saya mulai hari. Buat pembaca yang sering mampir, pasti bakalan kaget deh tiba2 blog saya berubah warna. Parahnya lagi kalau sampai mikir salah masuk dan dikira ini blog orang lain, hahaha :D

Menurut saya, tampilan blog yang lama (yang sayangnya saya lupa ambil print screen-nya) terlalu sederhana dibandingkan tampilan yang sekarang Anda lihat. Memang sih simple, cuma kesannya seperti tak ada kehidupan dan kurang menarik perhatian. Maka dari itu saya coba sedikit berkreasi dengan sedikit merubah penampilannya jadi sedikit lebih apik. Perbedaannya kurang lebih sebagai berikut:

Pada tampilan lama, template yang saya gunakan adalah "Watermark" yang bisa didapatkan di menu template default Blogspot. Judul blog dan kutipan Laskar Pelangi di bawahnya masih sama dengan huruf Arial standard. Di bawah judul ada profil saya dengan foto di sisi paling kiri (sama seperti yang sekarang). Terus background-nya didominasi dengan warna coklat pasir, dengan kolom di sebelah kiri adalah kolom postingan (warna coklat yang lebih muda dengan border hitam), dan kolom sebelah kanan adalah kolom yang diisi dengan "My Magic Fish", lalu kolom Followers yang berdampingan dengan kolom "Magic of My Fatherland" (bendera Indonesia bergambar hati), dan bagian bawahnya berturut-turut diisi dengan kata pembuka "Alohomora" yang simple berisikan kata terima-kasih-dan-jangan-lupa-komen dengan bahasa Inggris, daftar postingan "My Magic Spells", dan tag postingan. That's all. You can imagine how simple it was :)

Coba bandingkan dengan tampilan baru blog ini.

Di tampilan yang baru, saya masih menyertakan semua elemen yang terdapat dalam tampilan lama, seperti judul, 'Magic Fish', dan semua kolom sampai bagian tags. Tapi tentu ada yang saya bedakan.

Huruf pada judul Mantra Sihir Ahdacadabra-nya saya ubah dari font Arial standard jadi font lain yang lebih menarik dan "berkesan". Kutipan Laskar Pelangi dan profil tidak saya ubah, masih sama seperti tampilan lama.

Terus, template-nya jelas beda. Templatnya saya ganti dari "Watermark" menjadi "Picture Window" yang agak transparan. Warna blognya bawaan dari template, dengan bentuk serta warna huruf saya otak atik supaya lebih berseni dan warnanya serasi dengan background-nya yang menampilkan foto daun di kala musim gugur. Dengan warna yang cerah, tampilan blog jadi lebih menghangat dan lebih catchy walaupun agak sedikit menusuk mata juga, hehe. Alasan lainnya saya pilih background ini adalah kesukaan saya terhadap musim gugur. Yap, musim gugur adalah musim favorit saya :D

Sekarang di tiap post juga saya selipkan jump-break. Kalau dulu itu di tiap page ada lima postingan, dan masing2 ditampilkan penuh dari judul sampai penutup, tapi yang sekarang saya cuma menampilkan  judul dan sedikit paragraf awal post saja, dan kalau mau baca lebih lanjut bisa klik "Read More" pada tiap post. Dengan begini, halaman blog saya jadi engga penuh, postingan engga "mengular" terutama yang panjang2, dan dengan begitu jadi terlihat lebih rapi dan pembaca bisa lebih mudah memilih postingan yang akan dibaca. Dengan keekonomisan tersebut, dalam satu halaman saya bisa memasang 8 postingan sekaligus tanpa terlihat panjang dan membosankan ;D

Di tampilan yang baru ini, saya juga menyelipkan sepasang jam digital di sisi kanan atas blog, tepat di atas "Magic Fish." Jam yang berwarna abu-abu adalah jam yang menunjukkan waktu Korea Selatan (GMT+9), sedangkan jam di bawahnya yang berwarna merah menunjukkan Waktu Indonesia Barat (GMT+7, untuk Sumatra, Jawa, dan Kalimantan).

Lalu 'Magic Fish', followers, dan 'Fatherland' hanya berubah bentuk huruf pada judulnya saja. Di bawahnya ada 'Alohomora' yang berisikan kata pembuka saya. Tadinya ini pakai bahasa Inggris dengan kata seperti, "Hi, thanks for visiting my blog! Don't forget to leave your comment and I hope you enjoy my blog!" kaya gitu kira2. Nah, di tampilan yang baru, kata2nya saya ganti (bisa baca langsung di sebelah) dan sekarang dengan bahasa Indonesia dengan tujuan supaya lebih sinkron dengan isi blog yang juga berbahasa Indonesia. Biar lebih nasionalis gethooo, yeaaah, hahaha :D

Lalu di bawahnya ada daftar posts, sama seperti tampilan sebelumnya, namun kini sebelum kolom tags, saya menyempilkan sepotong gambar sayap pesawat dengan judul "Wings of Magic Sky". Filosofinya, dibutuhkan sayap yang mumpuni untuk mengarungi dunia sihir. Sekarang kan udah engga zaman lagi terbang pakai sapu ijuk, hahahahaha ^-^v

Terus di bawahnya ada widgets informasi cuaca, baik cuaca di Seoul maupun cuaca di Jakarta kota asal saya. Cool deh itu widget-nya, kalau diklik itu langsung jadi full-screen dan bisa liat informasi cuaca secara detail. Jadi kalau lagi mampir ke sini, saya bisa tahu kondisi cuaca Jakarta, dan pembaca di Tanah Air bisa tahu kondisi cuaca di Seoul tempat saya tinggal :)

Lalu setelah itu baru deh ada kolom tags dan dipagari dengan logo Blogspot. Itu kategori labelnya sudah saya buat lebih efisien dengan mengelompokkan post-post yang topiknya mirip (pada tampilan yang lama, labelnya serabutan, panjaaang bener sampai kebawah. Tiap post punya label/tag sendiri soalnya).

Terus yang terakhir nih, di bagian paling bawah ini blog, saya taruh lagi sepasang jam (waktu Korsel dan WIB), dan juga sebuah blog-stats yang menampilkan sudah berapa kali blog saya dikunjungi oleh pembaca. Saat ini sih jumlahnya engga seberapa. Kalau depannya ditambahin kata "Rupiah", buat beli bakso aja masih ngutang banyak noh, hahahaha :D Tapi moga2 aja kedepannya nanti jadi makin banyak :D

Udah ah, sekian aja info terbarunya.

*Liat jam, udah jam setengah dua, aaaaaaaaaakkkkk!!* beneran 1 jam deh saya ngubah blog ini, hehehe. Semoga aja para pembaca sekalian berkenan dengan "reformasi" yang saya lakukan terhadap blog saya. (Reformasinya engga sekedar di Mesir dan Libya aja lohh, hehehe). Buat kedepannya nanti, saya akan melakukan update lagi kalau ada banyak waktu. Yang sekarang karena mepet jadi saya desain seadanya saja, hehehe :)

Terus juga kalau ada saran, langsung aja komen di bawah post ini.
Enjoy and cheers! ^-^

____________________________________


Update, kolom 'My Magic Fish' sama jam yang ada di bagian paling bawah blog akhirnya saya remove. Alasannya, hmm, supaya lebih ringan aja sepertinya. kebanyakan gadget takutnya malah bikin berat. Toh kalau buat yang jam itu, di tiap komputer pasti juga ada kan, hahahaha. Boros juga kalau pasang jam banyak2, sayang baterai *lho?! hehe.

Terus foto sayap pesawat di sidebar saya ganti jadi foto sunrise yang saya ambil ketika naik ke puncak Gunung Seorak. Posisinya menggantikan posisi kolam ikan :D


Sekian update-nya, kalau ada saran, sok mari :)
Gracias!


No comments:

Post a Comment