Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Wednesday, March 30, 2011

Zat Radioaktif Terdeteksi di Korea

Fukushima Nuclear Powerplant
Wah, efek dari ledakan PLT nuklir di Fukushima Jepang udah mulai mengusik udara di Korea nih. Tadi pagi saya baca di english.chosun.com (Chosun Ilbo, Kompasnya Korsel), di situs berita itu disebutkan bahwa zat radioaktif hasil ledakan PLT nuklir di Fukushima yang terbawa angin terdeteksi di seluruh daerah di Korea Selatan.
Kabar baiknya, katanya sih sebaran zat radioaktif itu masih dalam batas aman dan tidak membahayakan. Di samping itu juga jumlah zat tersebut tidak cukup untuk mencemari air dan makanan.


Jenis zat radioaktif yang terdeteksi antara lain iodine-131, cesium-134, dan cesium-137. Dua zat terakhir katanya dilaporkan hanya terdeteksi di daerah Chuncheon, Provinsi Gangwon (Korea Selatan bagian timur laut).

Terus saya juga baca di kompas.com. Katanya zat radioaktif serupa juga terdeteksi di California AS, dan diperkerakan akan menyebar ke seluruh dunia dalam dua atau tiga minggu kedepan. Glek. Berarti ini partikel juga mampir ke Indonesia dong? (duh, jangan sampai ke sana deh) =_="

Fukushima Nuclear Plant
Pihak Jepang sih bilang katanya zat radioaktif yang itu engga berbahaya. Di Korea pun walaupun heboh dan menjadi pusat perhatian banyak orang, engga terlihat adanya kegemparan ataupun kepanikan akibat berita-berita yang melaporkan terdeteksinya sebaran zat radioaktif di sini. Pemerintah Korea sendiri juga sudah meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan uji sample terhadap air dan udara di Korea setiap hari, dan hasilnya pun juga diumumkan secara reguler tiap hari.

Yah, semoga saja "krisis" radioaktif ini cepat selesai. Walaupun katanya engga berbahaya, tetep aja zat radioaktif itu bikin hati was-was dan cenat-cenut, hahaha. Kawan-kawan, doakan ya Korea engga kena efek dari ledakan PLTN Fukushima ini. Dan semoga juga zat radioaktifnya engga mampir ke Indonesia kita tercinta, hehehe. Amin.

Wishing all the best lah, salam nuklir!! *LHO!!??*

^-^v

________________________________

Oh iya, kalau Anda mau baca berita yang saya bilang tadi, langsung aja cekidot ke link berikut, Gan :DD



No comments:

Post a Comment