Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Sunday, June 26, 2011

Jore Marjaranta - Finnish Songs

Ada yang tahu Jore Marjaranta? Saya yakin gak banyak orang yang tahu tentang orang yang satu ini, hehehe. Saya juga belum lama ini tahu tentang si Babang Marjaranta ini, hehe. Jadi dia itu adalah seorang penyanyi asal Finlandia. Lengkapnya saya juga gak ngerti2 amat, belum coba cari lebih jauh tentang dia di internet. Di situs Wikipedia juga gak ada info dalam bahasa Inggris, yang ada cuma info dalam bahasa Suomi alias bahasa Finlandia. Oh iya, cara ngucapin namanya itu adalah [Yore Maryaranta]. Awalnya saya cuma tahu satu lagu dia yang berjudul Haaveet Kaatuu (terjemahan bahasa Inggrisnya kurang lebih "The Broken Dreams"). Itu saya nemunya pas nemu video di Youtube tentang David Coutlhard yang judulnya  "David Coulthard - The Unlucky Scot" (video di sini), tahun 2010 lalu. Lagunya keren, agak nge-rock gitu, dan ngepas di kuping saya, hehehehe.

Nih, coba aja cekidot videonya dan liriknya! :D



En voinut mä aavistaa
Kun kotipiha jäi mun taa
Mihin tiemme vei
Sitä tiennyt ei
Meistä ainutkaan
Ettei pysty palaamaan

[Reff]
Haaveet kaatuu
Niitä nousemaan en saa
Haaveet kaatuu
Tahdoin paljon kauniimpaa
Haaveet kaatuu
Varjot saapuu

Mitä siitä itselleni sain
Kun hyvää tahdoin tehdä vain
En tarinaani uudestaan
Voi kirjoittaa
Vaikka tahtoisinkin
Mitään takaisin en saa 

Haaveet kaatuu
Niitä nousemaan en saa
Haaveet kaatuu
Tahdoin paljon kauniimpaa
Haaveet kaatuu
Varjot saapuu


Haaveet kaatuu
Kuka nousemaan ne saa
Varjot saapuu

[...]

Haaveet kaatuu
Niitä nousemaan en saa
Haaveet kaatuu
Tahdoin paljon kauniimpaa
Haaveet kaatuu
Varjot saapuu

Haaveet kaatuu
Kuka nousemaan ne saa
Varjot saapuu
Ne yöhön kuljettaa
Haaveet kaatuu
Haaveet kaatuu
Haaveet kaatuu

Nah, ini lagu Jore Marjaranta yang pertama kali saya denger. Untungnya, bahasa Suomi itu cara pengucapannya gak terlalu beda dengan bahasa Indonesia. Palingan perbedaannya cuma huruf /j/ diucapkan sebagai [y] dan huruf /y/ diucapkan sebagai [uy]. Sisanya mirip2, jadinya saya juga bisa ikutan nyanyi sambil liat lirik, hahaha. Masalah arti? Biarkan Google Translate yang beraksi, hehe. Saya sebenernya gak terlalu percaya Google Translate, tapi buat ngartiin kalimat2 sederhana kayanya lumayan bisa diandalkan. Copy-paste aja liriknya ke sana, dan jangan lupa set bahasanya Finnish ke English. Kalau Finnish ke Indonesian, ehm, agak kurang OK kayaknya, hehe.

Nah anyway, baru2 ini saya mulai suka sama lagu-lagu JM yang lain. Saya mulai cari2 di Youtube, dan nemu beberapa lagu yang saya suka. Misalnya ada satu lagu yang judulnya Kevaaseen, nyang artine "Spring Days" alias hari2 musim semi. Menurut saya lagunya OK banget!


Kalau mau liriknya, boleh cari di sini.

Terus ada lagi lagu yang judulnya Niin Kaunis On Helsinki Nyt, artinya (berdasarkan Google Tarnslate) kurang lebih "Indahnya Helsinki Saat Ini." Katanya sih ini lagu merupakan cover song in Finnish dari lagu musisi asal Swedia Peter Joback yang berjudul Stockholm i Natt "Stockholm Tonight." Ini video lagunya Jore Marjaranta yang Niin Kaunis on Helsinki Nyt.


Nah, coba bandingkan dengan versi aslinya yang berbahasa Swedia dan dibawakan oleh Peter Jöback.


Mirip kan? (Ini scene yang ada di videonya kayanya merupakan pertentangan dari apa keadaan sebenarnya di Stockholm deh hehehe). Aaanyway, kalau saya pribadi lebih suka versi Finlandianya yang dinyanyiin sama Jore Marjaranta. Sayangnya versi Finlandianya itu gak ada liriknya. Udah cari2 di inet gak nemu2. Dan sekedar informasi, lagu Finlandia ini susaaaaah banget dicari free download-nya (jiah, ketauen dah kalau saya suka yang gretongan, ahahahaha) :P Terakhir saya beli online sebiji lagu si Bang Jore ini -- judulnya Mies -- via Cyworld Korea seharga 800won (sekitar 7,000 rupiah) hehe.

Yah, saking keranjingannya sampai bela2in beli deh, hehehe. Enak sih soalnya :D Nah, how 'bout ya, Folks? :D Lumayan kan sekali2 dengerin lagu yang bukan berbahasa Indonesia, Inggris, Jepang, maupun Korea. Kalau mau tau lagu2 lainnya, browse aja di Youtube. Banyak kok, dan silakan menyesuaikan lagu dengan selera Anda masing2, hehehe.

Anyway, gara2 lagu Finlandia ini, saya jadi kepingin ke daerah Skandinavia sana deh. I do believe that Helsinki, Stockholm, Oslo, and Copenhagen are very beautiful places to visit and to LIVE, hehehe. Mungkin nanti kalau ada rezeki, atau ada yang mau bayarin? ;D

No comments:

Post a Comment