Tentang Saya

My photo
Seoul, 서울특별시, South Korea
Seorang bocah penggemar balapan Formula 1 dan sepak bola, sedari kecil menyukai dunia penerbangan dan terbang dengan pesawat. Saat ini sedang menunaikkan misi pendidikan sarjana di Seoul National University, Korea Selatan, dengan jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea. Memiliki ketertarikan pada fotografi dan wisata, juga bermimpi untuk bisa keliling dunia, baik sebagai seorang backpacker dengan dana secukupnya dan juga sebagai seorang high-end traveller berduit segudang.

Monday, June 27, 2011

"Kenapa Indonesia Bla Bla Bla?"

Hmm, ini sebenarnya merupakan perbincangan lama antara seorang teman Mongolia dengan saya. Kira2 di awal medio 2010 yang lalu lah. Lebih kurang setahun yang lalu kalau gitu. Entah kenapa tiba2 saya jadi teringat sama pembicaraan yang sedikit agak "menyentil" saya dan juga ada sangkut pautnya dengan Tanah Air kita. Hmm, jadi waktu itu menjelang tengah malam, saya kelaperan dan pingin masak mie instan sekedar buat ganjal perut sebelum tidur. Karena di asrama kompor cuma ada di common room lantai 3 (saya tinggal di lantai 4 waktu itu), ya udin saya ambil persediaan mie saya dan turun lah ke common room itu. Sampai sana ternyata masih ada orang, dan itu temen Mongolia saya. Namanya panggilannya Nava, nama panjangnya gak tau siapa, ribet pengucapannya (dan gak penting juga, hahahaha) :D Nah, si doi ini tipe cowok yang agak2 selengean gitu deh, tapi dia pinter, kritis, dan rasa ingin tahunya tinggi (alias bawel dan banyak tanya! Hehehe).

Sambil nenteng2 panci, mangkok plastik, dan dua bungkus mie instan, saya masuk ke common room, menemukan dia lagi main laptop sendirian di meja TV. Dan terjadilah percakapan berikut.

: "어, 나바, 안녕!"
나바 : "어, 야 안녕" (냉비랑 라면을 들고 오는 나를 보면서) "요리하러?"
: "응. 잠 안 자고 이 시간에 뭐 하노?"
나바 : (웃으면서) "야동 보고 있음 ㅋㅋㅋ"

...

...

Oh, oke, roaming, hahahahaha *malu*
Saya tulis versi terjemahan dari Korean ke Indonesian (versi saya) aja ya, hehe.

Saya : "Eh, Nava, annyeong!" (the way you say "Woi" in Korean kkk)
Nava : "Oh, annyeong!" (Ngeliatin saya nenteng2 alat masak sama mie) "Masak, Gan?"
Saya : "Ho'oh. Lagi ngapain loe jam segini belom tidur?"
Nava : (Sambil cekikikan gak jelas) "Nonton BF, cuy, hehehe"
Saya : *GUBRAK* Kaco ne anak, hahaha.

Pas saya deketin, kirain beneran, eh ternyata cuma nonton video di Youtube. Untung aja dia cuma bercanda, kalau beneran bisa2 saya gak jadi masak mie nanti, hahaha *peaceee* Ya udah deh, saya kembali ke tujuan awal saya: masak. Itu perut udah bukan keroncongan lagi, tapi udah bikin konser rock, hahahaha. Dan kami pun sibuk dengan urusan masing2.

Pas mie saya udah masak, beuh, aromanya semerbak banget dah, hehehe. Dan saya duduk di depan dia sambil nyeruput heboh itu mie goreng. Dia cuma ngeliatin aja, kayaknya mupeng, wakakakakak :P Ngeliat dia mupeng, saya jadi gak tega.

Saya : "Makan, Bang? Hehe." (Nawarin nih ceritanya).
Nava : (Masih ngeliatin) "Itu ramyeon (mie instan, red) apaan dah? Wanginya enak bener."
Saya : "Mie instan Indonesia, Bang. Enak. Cobain aja. Jarang2 ente nemuin beginian di Korea." (Ta' sodorin deh itu sepiring). "Awas loe kalau dimakan semua, hahahaha."
Nava: (Pertama2 dia endus2 dulu itu mienya [cape deeeh! kkk], dan setelah itu mulai deh dia suapan pertama) "Wuah, enak lho!"
Saya: "Yea iyalaaaah, made in Indonesia geto loch!" (hahahaha, daripada semua diabisin ama dia, ta' ambil balik piringnya, hehe).
Nava: "Bawa dari Indonesia?"
Saya: "Kagak, beli di restoran Indonesia di mari, Bro."
Nava: (cuma diem, tetep sambil ngeliatin saya makan mie).

Hening cukup lama, dia masih ngeliatin saya makan *mupeng beneran dia, hahaha*
Tapi saya jadi risi lama2, dan jiwa usil saya keluar, hahaha.

Saya : "Liatin gue mulu loe, suka yaaaa?" (Sambil ngedip2in mata hahaha).
Nava : (Reaksi cepat) "Yaishhh!! NAJIS!! @#$%!! %$#@!!"

Saya cuma bisa ngakak liat dia mengeluarkan kata2 @#$% yang kalau dalam bahasa Indonesia berarti @#$%$#@ dan dalam bahasa Inggris berarti *&^%$#7, hehehe. Kayanya orang sono masih tergolong anti banget even sama becandaan yang menyangkut sesama jenis, hehe. Saya cuma ngakak ngeliat reaksi dia, hahaha.

Saya: "Sori Gan, bercanda doang kok, hehehe."
Nava: "%$#@! Najong bet dah, @#$% lo yak? @#$%%$#@! "
Saya: (Masih cengengesan, hahaha) "Abisan lo fokus banget ngeliatin gue gitu, kan serem gue jadinya, hehe."
Nava: "Yieks. Tadi gue cuma mikir, tentang Indonesia."


Saya masih cengar-cengir. Jangan2 ni anak piktornya keluar lagi ntar, hahaha.

Nava: "Indonesia kan negara besar tuh, tapi kok aneh yah?"

Tiba2 cengengesan saya berhenti. Ni anak emang gak bisa ditebak dah. Ngeliat mukanya yang serius, saya jadi ikutan mikir serius. Takut kalau dibecandain lagi bisa2 mie saya disikat, hahaha.


Saya: "Maksudnya aneh?"
Nava: (Mikir sejenak, jidatnya berkerut kayak jeruk purut)
Saya: "Hmm?"
Nava: "Penduduk Indonesia berapa banyak sih?"
Saya: (Mikir dikit), "Hmm, sekitar 200 juta orang, lebih kayaknya. Kenapa?"
Nava: "Tuh kan aneh."
Saya: (Masih belum nangkep apa tujuan dia) "Maksud loe?"
Nava: "Hmm, ada gak orang Indonesia yang dapet nobel?"
Saya: "Eeeh?? Euh, kayaknya belum ada deh."

Oke, kali ini saya yang shock. Gak ada angin gak ada ujan, kenapa pula dia tanya kaya gitu.

Nava: "Tuh kan bener, kok bisa2nya dengan penduduk sebanyak itu, tapi gak ada satu pun yang dapet hadiah nobel?"
 

Dan saya (makin) terdiam. Belum selesai saya berpikir, dia udah tanya lagi.

Nava: "Olahraga yang paling disukai rakyat Indonesia apa?"
Saya: "Sepak bola, gue rasa."
Nava: "Ah, masa' sih?"
Saya: "Gue yakin kok, banyak penggila bola di negara gue."
Nava: "Tapi kenapa gak masuk Piala Dunia? Korea aja yang penduduknya cuma dikit dan olahraga nomor 1-nya baseball, tapi tetep bisa ikutan Piala Dunia."


Waktu itu emang lagi demam Piala Dunia 2010...

Hmm, nerima pertanyaan kaya gitu, otak saya secara otomatis langsung cari kambing hitam. Yap, siapa lagi kambing hitamnya kalau bukan ... (silakan isi sendiri), hehehe.  Pingin saya keluarin semua unek2 tentang ... , tapi daripada makin bikin malu negara, akhirnya saya cuma bilang, "I do believe, someday we will. Just wait and see."

Btw, mendapat pertanyaan kaya gitu dari orang asing, ternyata cukup menohok juga. Gak ngerti deh dia emang beneran penasaran dan kritis, atau cuma mau bikin saya naik pitam doang, hehehe. Tapi sebenarnya kalau dipikir2 ada yang ngena juga sih pertanyaan dia. Banyak orang Indonesia yang berprestasi, tapi kenapa gak ada yang dapat nobel? Yang sepak bola juga gitu. Hal umum kalau kita nemuin anak2 main sepak bola di mana2. Tapi, dari 200 juta orang (oke, katakanlah 100 juta laki2 Indonesia), kenapa Timnas kita gak bisa keisi oleh pemain2 yang berskill luar biasa, kenapa kita bisa2nya kalah hampir di semua perhelatan olahraga internasional?

Saya masih yakin, haqul yakin malah, kalau negara kita ini penuh potensi. Kapan ya potensi itu bisa dimanfaatkan? Pikir punya pikir, tiba2 saya jadi kesentil sendiri, apa yang telah saya lakukan untuk negara? Kontribusi apa yang saya berikan untuk negara? Hahahaha. Jangan2 saya termasuk ke dalam "kambing hitam" ke-stagnasi-an negara kita lagi, hihihi.

Entah lah. Sepertinya saya gak akan bahas tentang masalah ini lebih lanjut di sini, hihihi^^ Biarkanlah diri kita masing2 yang menjawab pertanyaan, "Kenapa Indonesia bla bla bla" itu ^^ Semoga seatu saat nanti saya bisa bilang ke Nava, "Hoi, ada kok orang Indonesia yang dapet nobel" atau "Eh, ntar malem dukung Indonesia main ya. Kalau Indonesia menang, lumayan nih bisa lolos ke final Pialau Dunia!" :D Semoga ^^

______________________

Itu cerita Indomie-ku, kalau kamu? *LHO?!!* hahahahaha
Well well, dari cerita segini panjang, moga2 ada yang nangkep intinya yak, heheh *peacee


5 comments:

  1. Hahhhaahhaaa~
    Sdh Q duga dr awal, kl ne ank kena sindrome cerita Indomie... XDDD
    Trxta mskpun berada nun jauh dr tnah air, tau jg iaa ap yg booming dsni.. ^O^
    Tp jujur, dr skian cerita Indomie yg prnh Q bc, ne yg paling gokil.. ^^b Mantab Gan!
    Ntr cendolx Q kirim dch k Seoul.. LOL

    ReplyDelete
  2. Wahahahahaha, iya nih Mbak :DD Gimana enggak gokil, kalau cerita Indomie yang lain cuma beberapa baris, ini panjang bener udah kaya bikin naskah pidato upacara bendera, hehehe. Ditunggu cendolnya ya Sist :D

    ReplyDelete
  3. beneran tapi dari tadi aku ngescroll blog kakak. dan itu tuh bener-bener manfaat banget! btw..aku juga tahun depan lulus sma jadi lagi cari cari info tentang universitas sama jurusan-jurusan nya. kebetulan nemu blog ini. dan jurusan sama universitas yang aku mau tuh sama kayak yang kakak ambil. jadi seneng banget! dapet informasi banyak! hehe makasih udah post kak!

    ReplyDelete
  4. beneran tapi dari tadi aku ngescroll blog kakak. dan itu tuh bener-bener manfaat banget! btw..aku juga tahun depan lulus sma jadi lagi cari cari info tentang universitas sama jurusan-jurusan nya. kebetulan nemu blog ini. dan jurusan sama universitas yang aku mau tuh sama kayak yang kakak ambil. jadi seneng banget! dapet informasi banyak! hehe makasih udah post kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Gita! Trims juga sudah mampir ke sini. Semangat ya buat persiapan kelulusannya, good luck! ;)

      Delete